Skip to main content

Desain Arsitektur Mediterania Dalam Membangun Bangunan

Desain Arsitektur Mediterania Dalam Membangun Bangunan

Desain merupakan salah satu seni yang membutuhkan ide dan kekreatifan yang tinggi. Ini bisa dilakukan apabila sudah beberapa kali melakukan latihan. Desain banyak digunakan dalam beberapa hal. Salah satunya yaitu desain arsitektur. Desain arsitektur adalah suatu seni yang digambarkan oleh seseorang sehinga menciptakan rancangan bangunan yang diinginkan. Untuk bisa berhasil dalam melakukannya, perlu imajinasi yang tinggi. Desain arsitektur melakukan rancangan makro maupun mikro.

Pada rancangan makro, seorang arsitektur akan berhadapan dengan masalah perencanaan kota, perencanaan daerah, dan lain sebagainya. Untuk rancangan makro, maka seorang arsitektur akan membuat suatu desain bangunan, dan perabotan yang lainnya.  Rata-rata, untuk mendapatkan suatu dekor yang maksimal juga membutuhkan biaya yang cukup besar. Biaya tersebut nanti akan digunakan untuk melengkapi berbagai hal yang dibutuhkan untuk membangun bangunan berdasarkan desain yang sudah dibuat.

Salah satu desain arsitektur yang telah sukses membuat para orang tertarik adalah desain mediterania. Ini adalah suatu jenis bangunan yang menjadi impian banyak orang. Desain bangunan tersebut merupakan kolaborasi dari bangunan ala negara Spanyol dan Italia. Desain Mediterania menghasilkan kesan yang sangat nyaman bagi pemilik rumahnya. Walaupun penggunaan ornamentnya cukup sederhana. Di Indonesia, mulai kemunculan desain mediterania sekitar tahun 90-an.

Tata letak yang digunakan pada konsep mediterania ini sangat menarik. Karena persebaran bangunannya merata. Bahkan, ada pula lahan yang cukup luas dengan ciri khasnya. Tidak heran jika banyak orang memilih untuk menggunakan konsep ini. Bagi seseorang yang ingin membangun suatu bangunan dengan lahan yang terbatas tidak perlu khawatir. Konsep mediterania bisa disesuaikan dengan baik berdasarkan luas lahan.

Ciri khas balkon yang lebih menonjol keluar akan dihadirkan dalam bangunan tersebut. Jendela yang berjumlah sedikit itupun dengan ukuran yang tidak terlalu besar juga menjadi ciri khasnya. Untuk ukuran langit bangunan tidak akan terlalu tinggi. Apalagi untuk sebuah bangunan yang bertingkat.  Ini semua akan disesuaikan agar mendapatkan hasil yang indah dan maksimal.

Desain Arsitektur Mediterania Dalam Membangun Bangunan

Setiap ruangan akan dikonsep sedemikian rupa sehingga menghasilkan sebuah ruangan yang nyaman dan indah. Salah satu ciri konsep mediterania adalah ruangan yang luas. Karena luas tidaknya sebuah ruangan bisa menjadi salah satu faktor seseorang mendapatkan kenyamanan yang baik atau tidak. Apabila anda mendatangi sebuah rumah atau gedung yang menggunakan konsep mediterania, maka akan merasa seperti di sebuah kerajaan Eropa.

Ornamen yang digunakan pun juga sesuai dengan konsepnya. Tidak sembarang hiasan dinding bisa mendukung kesuksesan konsep ini. Maka, dalam memilih hiasannya juga harus tepat. Apabila anda tidak mengerti, lebih baik diserahkan langsung kepada arsitektur atau desain interior agar bisa mendapatkan hasil yang diinginkan. Biasanya, dimanapun letak pembangunan akan dilakukan pasti disekitar bangunan tersebut akan dibuat nuansa alam. Bagi anda yang sangat menyukai kemewahan, desain ini menjadi pilihan yang sangat tepat.

Dari mulai warna, bentuk bangunan, ukuran dan yang lainnya sangat mendukung kemewahan. Yang lebih menarik lagi adalah masing menggunakan genteng sebagai atapnya. Tentu saja nuansa yang dihadirkan akan semakin sejuk. Konsep ini sangat cocok apabila bangunan tersebut akan digunakan sebagai tempat tinggal keluarga. Karena suasananya sangatlah mendukung. Bisa ditambahkan taman bermain di halaman belakang rumah agar anak-anak merasa nyaman berada di rumah. Desain mediterania juga bisa digunakan untuk suatu bangunan yang akan digunakan sebagai cafe atau restoran.