Skip to main content

Desain Arsitektur Modern Pada Bangunan Baru

Desain Arsitektur Modern Pada Bangunan Baru

Desain arsitektur merupakan suatu seni yang dihasilkan oleh seseorang melalui sebuah imajinasi. Sebuah desain arsitektur dibuat karena adanya kebutuhan manusia yang tinggi terhadap bangunan yang nyaman, aman, kondusif, asri, dan lain sebagainya. Karena dimana tempat seseorang tinggal perlu diperhatikan. Ini sangat mempengaruhi gaya hidup dan bagaimana ia bergaul.

Apabila memiliki rumah dengan kondisi yang sangat nyaman, bisa dipastikan seseorang tersebut akan lebih sering di rumah dibandingkan di luar rumah. Apabila seseorang lebih sering berada di luar rumah, pergaulan tidak akan bisa terkontrol. Maka, diperlukan sebuah bangunan rumah yang sangat nyaman. Sebenarnya, desain arsitektur sudah ada sejak zaman dahulu. Bahkan pada zaman purba. Namun, pada zaman itu pembangunan desain arsitektur menggunakan bebatuan yang di susun bertumpuk ataupun berkeliling.

Ada cara tersendiri agar bebatuan yang disusun bisa kokoh dan kuat. Arsitektur belum dianggap penting pada masa itu. Karena kebanyakan orang hanya menyusun bebatuan. Seiring dengan berjalannya waktu, teknologi juga sudah semakin berkembang. Maka muncul beberapa orang yang tertarik untuk mendalami teknik arsitektur.

Memang dulunya desain arsitektur hanya menggunakan bebatuan. Namun, saat ini desainnya pun sudah beranekaragam. Dan semakin rumit dibandingkan dengan desain yang terdahulu. Bisa dilihat dari bentuk beberapa bangunan yang ada di zaman sekarang. Seperti desain rumah, sekolah, gedung, dan yang lain sebagainya. Ada beberapa prinsip yang digunakan dalam drsain arsitektur. Yang pertama adalah keseimbangan. Sebuah bangunan harus memiliki keseimbangan yang tepat. Seperti sisi kanan dan kiri pada bangunan tersebut haruslah tepat.

Apabila ada gangguan pada keseimbangan bangunan, maka tidak akan indah ketika dipandang. Tentu saja ini mengurangi kepuasan pemiliknya jika pembuatan desain tidak memperhatikan keseimbangan. Prinsip yang kedua adalah Irama. Irama ini biasanya ada pada beberapa bentuk pola yang digambarkan pada suatu bangunan. Seperti garis-garis, lengkungan, dan lain-lain. Pola ini menjadi salah satu hal yang sangat penting dalam desain interior rumah maupun bangunan.

Desain Rumah Arsitektur Modern

Lalu prinsip yang selanjutnya adalah tekanan. Tekanan merupakan salah satu bagian dari bangunan yang mencolok ketika pertama kali dilihat. Contohnya seperti pemasangan balkon, warna cat yang cerah, motif yang mencolok, dan lain sebagainya. Tekanan ini sangat perku diperhatikan. Apabila salah satu hal yang mencolok saja tidak menarik, maka hal yang lain dianggap tidak menarik juga.

Kali ini akan membahas salah satu macam arsitektur eksterior. Salah satu contohnya adalah Arsitektur Modern. Rata-rata, arsitektur ini memiliki bentuk yang minim namun semuanya memiliki fungsi yang cukup baik. Dalam arsitektur modern biasanya dioptimalkan pada ukuran, warna, dan bentuk. Arsitektur jenis ini sebenarnya sudah ada sejak zaman dahulu. Bahkan di tahun 70-an pun keberadaannya sudah ada.

Semakin banyaknya penggunaan arsitektur jenis ini karena tekonologi semakin berkembang. Kebudayaan dan wawasan setiap orang pun semakin hari juga semakin berkembang. Oleh karena itu, ini mempengaruhi jenis bangunan yang digunakan. Biasanya, bangunan yang menggunakan arsitektur modern cenderung menggunakan jendela yang lebar maupun tinggi. Walaupun besar, tetapi masih menggunakan bentuk yang cukup sederhana.

Dinding-dinding pada arsitektur modern akan dihiasi dengan berbagai macam motif. Seperti garis horizontal, garus vertikal, lengkungan, bunga, dan masih banyak yang lain. Arsitektur jenis ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk melakukan pembangunan perumahan. Karena laham yang minimalis bisa dibangun rumah dengan cukup unik dan menarik.