Skip to main content

Desain Arsitektur Modern Terpopuler

desain-arsitektur-modern-populer

Dalam hidup ini tentu semua hal pasti mengalami perkembangan dan perkembangan itu melahirkan sesuatu yang baru bagi kita. Salah satu perkembangan yang paling terlihat di sekitar kita adalah berkembangnya desain arsitektur dimana sekarang ini telah banyak desain-desain baru dan modern yang dapat kita lihat di sekitar kita. Dari sekian banyak desain arsitektur modern yang ada rupanya sebagian diantaranya merupakan adaptasi dan modifikasi dari desain arsitektur yang telah lama dikenal, tetapi tidak sedikit pula desain-desain arsitektur yang benar-benar baru dan mengusung konsep futuristik di dalamnya.

Untuk membantu anda mengenal lebih jauh desain arsitektur modern yang populer sekarang ini, di bawah ini telah dirangkum beberapa diantaranya yaitu sebagai berikut:

a) Desain arsitektur minimalis

Desain arsitektur yang satu ini sedang sangat populer belakangan ini terutama di kalangan pasangan muda yang baru menjalin ikatan bersama sehingga anggota keluarga inti mereka hanya beberapa saja. Selain itu populernya desain arsitektur ini pun karena secara perhitungan biaya cenderung paling murah diantara desain arsitektur lainnya karena konsepnya yang simple dan mengoptimalkan segala ruang yang ada. Umumnya desain arsitektur minimalis digunakan di kota-kota besar yang sangat terbatas lahan untuk pembangunannya terutama di kawasan-kawasan perumahan yang dibangun oleh developer.

b) Desain arsitektur industrialis

Fokus desain arsitektur yang satu ini bukan pada bentuk dan optimalisasi ruang yang ada namun pada look atau tampilan yang diberikan. Karena desain arsitektur ini cenderung menggunakan komponen-komponen yang biasa digunakan dalam industri untuk membangunnya, misalnya saja pipa-pipa panjang dan besar yang dapat dilihat di beberapa bagian bangunan dengan desain arsitektur industrialis ini. Penggunaan cat warna amat sangat minim sehingga untuk sebagian orang hal ini dapat dijadikan salah satu cara menekan budget pembangunan.

c) Desain arsitektur mediterania

Konsep utama yang diusung pada desain arsitektur mediterania adalah menghadirkan alam di dalam bangunan baik itu rumah maupun bangunan lainnya. Caranya cukup simple yakni dengan memberikan akses yang cukup pada sinar matahari, hembusan angin, aroma tumbuhan dan lain-lain. Itulah mengapa pada bangunan-bangunan dengan desain arsitektur seperti ini umumnya memiliki jendela-jendela yang lebar dan besar dalam jumlah yang sangat banyak di seluruh penjuru bangunan. Selain itu ventilasi udara yang tersedia pun diatur sedemikian rupa agar tetap estetik namun mampu mengatur sirkulasi udara di dalam bangunan menjadi lebih baik.

d) Desain arsitektur tropical

Sebetulnya desain arsitektur yang satu ini cukup mirip dengan desain arsitektur mediterania, tetapi pada desain arsitektur tropical ini komponen alam benar-benar dihadirkan seperti misalnya tersedianya ruang terbuka hijau di dalam dan di sekitar bangunan, penggunaan material kayu yang cukup banyak dan lain sebagainya. Soal penggunaan material kayu biasanya hanya untuk partisi dan perabotan saja dan bukan menggunakannya sebagai dinding maupun lantai, meski begitu tidak jarang orang yang benar-benar total menggunakan komponen alam agar bangunan dengan desain tropical miliknya benar-benar bernuansa tropis. Kebanyakan bangunan dengan desain arsitektur tropical ini hanya memiliki satu atau dua lantai saja.

Beberapa desain arsitektur modern di atas merupakan desain arsitektur yang sedang populer belakangan ini. Anda menjadikan desain-desain arsitektur di atas sebagai referensi untuk bangunan yang akan anda bangun baik itu menggunakan desain yang dimaksud secara default maupun memodifikasi terlebih dahulu desain yang ada dengan kreasi dan ide-ide anda.

Baca juga artikel kami tentang ciri khas Desain Arsitektur:
>Eropa
>Timur Tengah
>Bali
>Jepang

You may also like

One thought on “Desain Arsitektur Modern Terpopuler”