Skip to main content

Desain Ruang Tamu Rumah Minimalis Trend 2017-2018

desain ruang tamu rumah minimalis

Desain Ruang Tamu Rumah Minimalis Trend 2017-2018 – Ketahuilah trik mengubah ruang tamu yang sempit bisa terlihat lebih lapang.

Bagi kamu yang mempunyai dan nginap disebuah apartemen atau di kawasan perkotaan yang tentunya sering mengalami atau berhadapan dengan ruang yang sangat terbatas disekelilingmu. Jika itu benar kamu alami, kamu bisa memperhitungkan ruang tamu kecil menjadi tantangan desain yang kreatif. Karena kunci hidup bahagia dan nyaman di ruang ruang yang tergolong sempit adalah dengan menggabungkan berbagai solusi solusi hemat ruang dan multi fungsi yang sekaligus mengekspresikan gaya pribadi kamu.

Keputusan yang sangat bijak akan menyipatakan ruagn yang kamu butuhkan dan juga mengubah ruangan kamu menjadi istimewa atau mengundang dalam kata lain menarik perhatian. Berikut adalah beberapa tips yang bisa membantu Kamu memanfaatkan sebagian besar ruang yang sangat penting yaitu, Ruang Tamu (Desain ruang tamu rumah minimalis).

  • Ruang tidak ada batas – yang pertama ini adalah di ruang tamu dengan ruang yang terbatas. Kamu bisa mengubah nya menjadi ruangan yang luas dengan cara membukakan pintu atau dinding agar ruang yang berada disebelahnya dapat menyatu. Ruangan tamu dapat terdiri atas gabungan ruangan tamu, dapur, ruang makan. Caranya dengan kamu menyingkirkan dinding dinding pemisahnya. Lalu, melebarkan pintu dan membuka nya ke arah langit langit dapat memberikan kesan lapang dan terlihat lebih terbuka.

 

  • Memanfaatkan furnitur built-in  Kamu bisa menyesuaikan masing masing furniture untuk ruang tamu Kamu serta menambah satu atau dua elemen yang lain untuk memaksimalkan penggunaannya. Salah satunya yaitu adalah tempat untuk penyimpanan multifungsi yang tersembunyi dibawah sofa built-in. Kalau membeli furnitur dengan model khusus yang diatas anggaran Kamu, maka kembangkanlah kreativitas Kamu dengan laci buatan sendiri dibawah sofa atau rak yang tertempel pada dinding. Pasangkan rak setinggi dinding untuk menyiptakan bentu vertikal. Penempatan rak yang tinggi akan membantu kamu menyiptakan kesan padat didalam ruangan.

 

  • Tata cara letak dan teknik cahaya kreatif – kamu bisa menata furnitur dengan membuat pemisah antara zona fungsional satu dengan yang lainnya. Contohnya, menempatkan meja pada belakang sofa untuk membuat ruang kerja atau men-setting kursi dan sofa Kamu dengan cara sedemikianrupa sehingga dapat memisahkan ruang makan dari ruang tamu. Kamu bisa menentukan struktur letak dengan menempatkan lampu gantung yang berbeda di tiap tiap zona yang terpisah, misalnya di ruang tamu gunakan lampu yang dekat dengan langit langit. Lalu, di ruang makan sebelahnya, pakai lampu model lain yang menggantung diatas meja.

 

  • Cahaya alami maksimal Sebuah ruangan yang diterangi cahaya matahari kelihatan lebih terbuka dan membantu menyingkirkan bayang bayang yang bisa membuat daerah ketutup kelihatan lebih kecil. Cara yang simple untuk memaximalkan cahaya alami dalam sebuah ruangan adalah dengan menempatkan cermin yang akan memantulkan cahaya melalui jendela. Kemudian, cermin juga menyipatkan ilusi ruangan yang kontras. Kalau bisa, furnitur yang paling sering kamu gunakan seperti kursi atau sofa kamu tempatkan di tempat yang nyaman agar memiliki pandangan ke arah luar.

 

  • Singkirkan sofa empuk kuno – Prinsip terpenting adalah kamu harus menghindari furnitur besar dan berat yang membuat ruangan serasa lebih kecil. Kebalikannya, kamu pilih furnitur yang rendah namun efisien. Artinya, ada jarak yang kecil antara lantai ke tempat duduk. Dari sudut pandang desain, hal ini berarti bantal ramping, kaki sofa lebih kecil dan bagian bawah sempit.

 

  • Pilihan warnya yang tepat – Penggunaan warna warna yang klasik putih atau pastel masih jadi pilihan terbaik untuk mengecat atau memberi warna ruang yang lebih kecil. Setelah itu, pengecatan lis dan dinding dinding didalam ruangan dengan warna yang sama akan menarik perhatian dan menyoroti langit langit seperti didalam ruangan pada gambar ini.

 

  • Multitask – multitask atau biasa disebut dengan fungsi ganda kamu bisa mengumpulkan semua kebutuhan pada ruang tamu anda. Misalnya, rak pada dinding menjadi meja dan bed sofa geser multifungsi yang sangat berguna. Untuk kursi makan kamu bisa menggunakan bangku yang lacinya tersembunyi.

 

  • Melapangkan karpet – Maksudnya adalah karpet yang dibawah sofa, lalu meja kopi dan juga tempat untuk duduk tambahan yang akan menarik pandangan menjadi lebih luas. Tips ini juga termasuk dalam desain ruang tamu rumah minimalis. Dan sempat trend juga.

 

  • Meniyptakan titik fokus – Pilih salah satu aspek yang bisa ditonjolkan dengan hal yang menarik secara visual. Pandangan akan tertuju pada aspek tersebut. Contoh dengan merancang dinding berpola di belakang sofa menggunakan warna, tekstur/dekorasi dinding.

 

  • Ekspresikan dirimu – Dalam ruangan yang kecil, furnitur gampang mengambil alih kepribadian yang terpancar di ruangan tersebut. Dikarenakan ruang tamu merupakan tempat kita menghabiskan banyak waktu, maka tambahkanla kepribadian kamu bisa dengan dekorasi yang menyeritakan kisah hidup kamu dan rumah tangga kamu. Foto dengan bingkai kreatif akan menjadi ide yang cukup bagus.

Berikut telah dibahas tips Desain Ruang Tamu Rumah Minimalis, kamu bisa langsung memulai kreativitasmu mulai sekarang.

One thought on “Desain Ruang Tamu Rumah Minimalis Trend 2017-2018”