Skip to main content

Desain Rumah Minimalis Melalui Pencahayaan

desain rumah minimalis

Desain Rumah Minimalis bisa kamu lakukan salah satunya dengan pencahayaan. Bagi kamu yang ingin mempunyai rumah idaman, terutama rumah minimalis, kamu bisa desain rumah minimalis mu dengan pencahayaan sangat penting dilakukan. Banyak pepatah yang mengibaratkan rumah adalah surga yang ada dibumi, rumah adalah istana pribadi. Untuk itu kemampuan Kamu dalam mengkondisikan desain rumah minimalis kamu sangat diperlukan untuk menjadikan rumah Kamu seperti istana atau surgamu sendiri. Salah satunya adalah pencahayaan yang kamu berikan agar rumah mu terasa nyaman.

Mengapa pencahayaan itu penting? Apa yang kamu rasakan jika kamu berada di sebuah rumah besar, bangunan tua, halaman luas tapi tampak gelap. Pasti memberikan kesan yang seram. Bukan begitu ?

Yang jadi pertanyaan adalah apa rumah horor yang besar tersebut adalah rumah yang jelek?  Tidak juga. Rumah besar, mewah akan tetap seram jika pencahayaan nya kurang. Maka dari itu, penting buat kamu untuk bisa mengatur suasana kamu sendiri agar rumah kamu menjadi bagus dari penataan cahaya yang pas.

Dalam penataan cahaya juga ada hal hal yang harus kamu perhatikan, yaitu pemilihan sumber cahaya. Sumber cahaya bisa melalui lampu dan cahaya matahari.

  • Yang pertama, Desain Pencahayaan ruangan dengan menggunakan Cahaya Matahari

Pencahayaan dari matahari Kamu dapat menggunakan jendela atau ventilasi pada rumah anda. Dengan cara menggunakan jendela kaca dan menutupnya dengan tirai yang agak tebal atau tirai yang memiliki warna yang cerah sehingga memantulkan cahaya matahari dari luar kedalam ruangan.
Usahakan kamu memiliki jendela lebih dari satu pada rumah kamu. Agar cahaya matahari nantinya dapat masuk ke rumah kamu. Kamar tidur juga bisa dilengkapi dengan jendela serta tirainya. Kamu pasti tahu hotel atau villa yang mewah pasti menggunakan cara tersebut agar saat pagi menjelang jendela tersebut bisa dibuka agar cahaya matahari bisa masuk menerangi ruang tidur kamu.
Selain jendela, kamu bisa gunakan langit langit atau atap yang bisa kamu ganti dengan kaca ataupun bahan yang lain yang bisa membuat cahaya tembus kedalam rumah kamu. Bisa kamu tempatkan pada ruang tengah, ventilasi diatas jendela juga termasuk caranya.

  • Desain Pencahayaan ruangan dengan lampu

Kalau lampu, kamu bisa gunakan berbagai macam variasi cahaya lampu tentunya. Kamu harus memilih yang paling cocok untuk kebutuhan rumah kamu. Kalau soal struktur letaknya, selain digantung di langit langit kamu bisa gunakan sudut pada ruangan ditambah dengan lampu diatas meja. Untuk penghias ruang tamu, Kami bisa menggunakan variasi warna pada lampu yang tidak harus selalu warna putih. Memang warna putih sendiri bisa membuat terang ruangan akan tetapi lebih baik kalau kamu bisa menyesuaikan dimana letak lampu tersebut dan cahaya yang diperlukan.
Untuk warna lampu juga jangan terlampau banyak warna, kamu bisa pilih satu warna lampu yang dominan. Jika kamu mempunyai hiasan pada ruang tamu selain sofa, contohnya lukisan. Kamu bisa gunakan lampu tambahan diatasnya. Sebagai contoh kamu bisa menggunakan lampu fokus.

Yang harus kamu ingat, sesuaikan warna lampu dengan kebutuhan ruangan kamu. Ruang tamu berbeda dengan ruang belajar maupun dapur. Ruang belajar dan dapur lebih membutuhkan warna lampu yang terang agar mendukung aktifitas bekerja dan lebih konsentrasi. Untuk ruang tamu kamu boleh beri variasi yang lain, tidak harus sangat terang asalkan nyaman.
Sama hal nya dengan kamar tidur, suasana nyaman sangat diperlukan. Maka itu diperlukan warna yang redup agar lebih rileks dan nyaman. Pada jaman sekarang banyak lampu hias yang bisa kamu atur cahayanya.

Untuk Desain Ruang Tamu pada rumah minimalis kamu bisa baca artikel nya: disini

You may also like