Skip to main content

Desain Rumah Modern Minimalis : Eksterior

Desain Rumah Modern Minimalis : Eksterior

Desain eksterior merupakan rancangan dari bagian luar suatu bangunan. Desain eksterior suatu bangunan dapat disesuaikan dengan kondisi lahan dimana tempat bangunan tersebut direncanakan akan didirikan. Salah satunya adalah rumah.

Untuk membangun rumah tentunya dibutuhkan lahan yang memadai. Sementara, harga lahan semakin hari semakin tinggi dan jumlah lahan pun semakin terbatas. Membangun rumah di area lahan yang terbatas menjadi hal yang cukup sulit bagi pemilik lahan maupun arsitek. Namun seiring berjalannya waktu, munculah tren rumah minimalis yang tidak membutuhkan lahan terlalu besar namun tetap bisa di desain dengan desain ruang yang lega dan nyaman.

Rumah dengan desain minimalis memang memberikan visualisasi yang terlihat lebih menarik serta modern dibandingkan desain rumah pada umumnya. Rumah dengan desain minimalis ini  membuka ruang bagi para arsitek maupun pemilik rumah untuk berkreasi secara bebas dalam menciptakan hunian impian mereka tanpa terikat aturan desain yang telah ada sebelumnya.

Salah satu cara memberikan kesan unik dari desain suatu rumah yaitu melalui desain eksterior. Desain unik ini akan menampilkan kesan yang berbeda dari rumah di lingkungan sekitarnya. Berikut adalah beberapa contoh menciptakan rumah dengan desain eksterior minimalis yang sederhana namun tetap terlihat menarik :

Rumah Minimalis Eksterior

  • Memberikan tampilan dinding di sisi rumah yang tidak bertekstur (halus) dengan jumlah jendela yang tidak terlalu banyak akan memberikan kesan rumah minimalis yang modern.
  • Mengecat tembok bagian luar rumah dengan warna yang tidak mencolok, seperti putih, abu-abu, cokelat, akan membuat rumah terlihat lebih modern dan sederhana. Tampilan tersebut sangat cocok untuk konsep desain rumah minimalis.
  • Memberikan tampilan dinding luar rumah dengan tekstur seperti kayu atau seperti bata dengan warna yang kalem. Kombinasi dari warna dan tekstur dinding yang tepat akan mendukung kesan minimalis dari suatu rumah.
  • Menggunakan material dengan warna yang cenderung gelap (hitam, abu-abu tua, atau warna lainnya) pada bagian luar rumah tentunya juga akan mendukung tampilan minimalis dari desain rumah.
  • Penggunaan desain dengan metode dark siding (memberikan efek gelap di sebagian sisi rumah) juga akan memberikan kesan minimalis dan sederhana dari suatu desain.
  • Menggunakan pintu berbahan dasar kayu dengan ukuran yang cukup besar namun tidak mencolok serta menambahkan tanaman dengan pot-pot berukuran sedang dibagian depan pintu seolah-olah memberikan kesejukan dari suatu rumah juga akan meninggalkan kesan minimalis dari rumah tersebut.
  • Bentuk atap yang datar dan bersudut juga mendukung desain eksterior dari suatu rumah agar terlihat lebih minimalis dan lebih modern.

Rumah minimalis memang menjadi alternatif pilihan bagi sebagian besar masyarakat di era modern ini. Hal ini dikarenakan rumah dengan tipe desain minimalis tidak membutuhkan lahan yang kelewat besar. Rumah minimalis dapat didirikan diatas lahan dengan ukuran standar.

Standar desain rumah minimalis pada setiap orang tentu berbeda. Setiap orang pasti menginginkan rumah yang sederhana tetapi tetap terlihat manis. Nah, untuk kalian yang ingin memiliki hunian impian dengan desain minimalis tetapi belum mendapatkan inspirasi desain yang diinginkan, bisa mencoba beberapa tips yang ada diatas. Dengan pilihan desain yang tepat, rumah minimalis anda akan terlihat semakin cantik di situs poker terbaru dan terpercaya.

You may also like