Skip to main content

Desain Rumah Panggung Terbaik Anti Banjir

desain rumah panggung anti banjir

Banjir merupakan salah satu bencana alam yang bisa sangat merugikan. Adanya banjir sudah tidak dapat di duga apalagi di hindari. Jika sudah terlanda banjir, bukan cuma materi saja yang akan mengalami kerugian, tenaga dan waktu yang anda punya juga akan terkuras saat banjir sudah reda. Setelah banjir anda tentu harus membersihkan rumah anda sebelum anda kembali ke rumah dan menempati rumah. Nah untuk mengantisipasi adanya bencana alam atau banjir tersebut, rumah panggung bisa menjadi solusi yang tepat untuk anda.

Memiliki rumah panggung memang banyak manfaatnya, selain terhindar dari bencana banjir, rumah panggung juga akan mengamankan anda dari serangan binatang buas, khususnya bagi anda yang tinggal di pedalaman atau daerah hutan.

Tak hanya itu, bagi anda yang tinggal di wilayah rawan bencana alam gempa, rumah anda tidak akan terlalu terguncang karena lantai rumah panggung tak bersentuhan langsung dengan tanah. Jika tiang yang menyokong rumah anda terbuat dari bahan yang kokoh, maka rumah panggung anda akan mengamankan anda dari segala macam bahaya. Desain rumah panggung juga tak banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, hanya rumah tradisional dibeberapa wilayah saja yang menjadikan rumah panggung sebagai rumah tradisional dari daerah mereka, jadi jika anda membangun rumah menggunakan desain rumah panggung, rumah anda akan menjadi rumah yang paling unik di antara rumah – rumah lain di lingkungan anda.

Tahukah anda jika desain rumah panggung ada beraneka macam? Desain rumah panggung memang identik dengan rumah tradisional masyarakat Kalimantan atau Sumatera. Namun sebenarnya, desain rumah panggung tak hanya seperti rumah tradisional itu saja.

Terdapat beberapa desain rumah panggung ala luar negeri yang sederhaa dan menarik untuk inspirasi anda. Untuk membangun rumah dengan menggunakan desain rumah panggung, tak harus di pedesaan saja. Dimana pun lahan anda, anda bisa membangun rumah menggunakan desain tersebut. Penggunaan ruang bawah panggung juga berbeda-beda.

Seiring perkembangan zaman, desain rumah panggung semakin dimodifikasi mengikuti perkembangan. Walau sudah banyak bermunculan desain dari rumah panggung, namun hingga saat ini ciri khas rumah panggung masih tetap sama, yaitu rumah yang dibangun dengan pondasi yang tak langsung menyentuh tanah. Tingginya beberapa meter dari permukaan tanah, oleh karena itu, perlu dibangun tangga di depan rumah agar bisa memasuki rumah panggung tersebut. Berikut beberapa desain rumah panggung sebagai bahan inspirasi anda yang ingin membangun sebuah rumah:

  • Rumah Panggung Ala Jepang

rumah panggung jepang

Rumah panggung ala jepang ini membuat teras khusus di depan rumah, terasnya berada tinggi di atas permukaan tanah dengan menerapkan struktur balkon di atas lantai.

  • Rumah Panggung Kayu

rumah panggung kayu

Rumah panggung kayu ini megangkat lantai cukup tinggi karena sebagian besar orang menggunakan ruangan bawah panggung untuk beraktivitas, misalnya ruang kumpul keluarga, ruang bersantai atau ruang bercengkerama.Walau ruang bawah panggung difungsikan, namun mengingat pembangunan rumah untuk mengantisipasi banjir, gunakan ruang tersebut tanpa harus menempatkan banyak barang ya, agar saat di landa banjir anda tidak harus kerepotan memindahkan barang – barang anda yang di bawah ke atas.

  • Rumah Panggung Kotak, Tingginya Satu lantai

rumah panggung kotak lantai 1

Rumah panggung yang berbentuk kotak ini cukup tinggi letaknya, bedanya bisa satu lantai, atau jika rumah ini rumah tingkat, maka rumah utama rumah panggung ini berada di lantai duanya. Bagian bawah rumah ini bisa digunakan untuk tempat parkir.

Baca juga : Bale Bengong, Gazebo khas ala Bali !

You may also like