Skip to main content

Desain Rumah Sederhana

desain rumah sederhana

Desain Rumah Sederhana, berikut beberapa langkah yang harus diperhatikan:

Ide, seni dan kreatifitas merupakan sesuatu yang sangat penting yang harus dimiliki untuk melakukan desain arsitektur. Memilih desain aritektur yang sedehana bia dikatakan juga merupakan mencerminkan kepribadian dari pemilik rumah, karena desain rumah sederhana merupakan keinginan dan selera dari pemilik rumah tersebut yang diaplikasikan untuk gaya rumah. Desain rumah yang sederhana dan tetap memiliki kesan elegant merupakan salah satu desain yang banyak diminati oleh kebanyakan orang. Untuk mendesain rumah dengan gaya yang sederhana, biasanya memakai bahan material yang sederhana pula, seperti bambu, batu-batan, kayu, dan bahan sederhana yang terbuat dari alam lainnya. anda bisa juga mendesain sendiri rumah anda sesuai dengan keinginan dan selera anda. Bagaimana caranya? Anda tidak usah khawatir dan bingung, karena artikel ini akan memberikan informasi tentang bagaimana langkah-langkah untuk mendesain sendiri rumah anda sesuai dengan apa yang anda imnginkan dan sesuai dengan selera anda. Selain anda bisa mengeksplorasikan keinginan anda lewat gaya desain rumah, hal ini juga membuat anda lebih hemat dalam pengeluaran karena anda tidak perlu membayar jasa desain aritektur rumah.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus anda lakukan untuk men desain rumah sederhana:

  1. Memperhatikan jumlah penghuni rumah yang akan menempati. Memperhatikan jumlah penghuni rumah sangat penting sebelum anda membuat rumah. Karena hal ini untuk menentukan berapa jumlah kamar tidur, seberapa besar ruang keluarga, berapa jumlah kamar mandi, dan lain sebagainya. Jika anda membuat desai rumah yang luas namun hanya ditempati dua orang atau sebaliknya jumlah keluarga yang menempati banyak namun rumah didesain dengan sempit, maka hal itu tidak akan cocok dan malah menimbulkan permasalahan baru.
  2. Menentukan jumlah ruang beserta ukurannya. Jika anda sudah memiliki gambaran jumlah anggota keluarga yang akan menempati rumah yang akan anda buat, anda bisa memperkirakan jumlah rungan dan ukurannya agar cocok dan pas untuk ditempati.
  3. Membuat sketsa pada kertas millimeter. Jika anda sudah memiliki gambaran ruangan beserta ukurannya, hal yang anda lakukan selanjutnya adalah membuat sketsa denah ruangan rumah anda di kertas millimeter. Kenapa harus kertas millimeter? Karena kertas millimeter menawarkan kertas yang memiliki ukuran yang detail sehingga cocok untuk membuat sketsa rumah.
  4. Buatlah garis buntu pada keras millimeter anda. Garis buntu ini berfungsi untuk memudahkan anda untuk menempatkan ruang yang bisa memandu anda.
  5. Menempatkan ruang-ruang yang telah anda buat tersebut sesuai dengan garis buntu yang telah anda gambar.
  6. Setelah itu pertebal garis yang menurut anda sudah sesuai dan tepat , dan hapuslah garis buntu yang tidak perlu, karena garis tersebut akan mengganggu dan membingungkan anda.
  7. Jika telah menghasilkan gambar yang sudah fix, maka pindagkah gambar di kertas millimeter tersebut ke dalam kertas HVS putih agar lebih jelas dan mudah dipahami.
  8. Pertebal garis dinding untuk membedakan antara dinding dan ruangan.
  9. Gambarlah pintu dan jendela sekaligus perabot rumah dan beri arsiran atau bisa juga anda memberi warna agar nampak lebih jelas.

Itulah sedikit penjelasan mengenai langkah-langkah untuk membuat desain rumah yang sederhana. Begitu mudah bukan?Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang ingin membuat desain rumah sendiri untuk lebih menghemat pengeluaran anda namun tetap menghasilkan rumah yang elegant dan sederhana yang sesuai dengan yang anda inginkan. Selamat mencoba.
Bagi anda yang ingin mendesain rumah mewah anda baca juga artikel kami disini

One thought on “Desain Rumah Sederhana”