Skip to main content

Kiat Membangun Rumah Impian yang Ramah Budget

Kiat Membangun Rumah Impian yang Ramah Budget

Tempat tinggal merupakan salah satu kebutuhan primer yang tidak bisa dipisahkan dengan manusia. Tentunya banyak orang yang ingin memiliki hunian idaman mereka sendiri. Namun, sebagian besar masyarakat masih berpikiran bahwa untuk mewujudkan hunian impian mereka, dibutuhkan lahan yang luas, desain yang serba mewah, serta interior yang serba modern. Hal ini tentu bukan langkah yang efisien, baik dari segi tata ruang maupun dari segi finansial.

Memiliki rumah dengan lahan yang besar memang menjadi idaman sebagian orang. Namun lahan yang besar belum tentu bisa menciptakan hunian impian sesuai dengan apa yang ada dibenak kita. Bisa jadi lahan yang terlalu besar malah membuat bangunan rumah menjadi kurang fungsional. Selain itu, harga lahan yang kian hari terus meningkat pesat menjadi pertimbangan lain seseorang dalam menciptakan hunian impian mereka.

Untuk mengatasi permasalahan lahan, rumah dengan desain sederhana dapat menjadi alternatif pilihan bagi anda yang ingin memiliki hunian impian. Rumah sederhana tidak selamanya lekat dengan image murah dan bahan bangunan seadanya. Tetapi melalui rumah dengan desain sederhana ini, kita bisa memaksimalkan rancangan hunian yang diimpikan namun tidak menguras budget terlalu dalam di poker dewa.

Berikut uraian kiat-kiat memiliki hunian impian dengan desain yang simple dan budget terjangkau :

Rumah Ramah Budget

  • Small House – Mendesain rumah dalam ukuran yang kecil

Memiliki rumah besar tentu diinginkan semua orang. Namun saat ini banyak hal yang perlu dipertimbangkan dalam merancang hunian, seperti mempertimbangkan ruang yang akan digunakan. Terlalu banyak ruangan dalam rumah tentunya akan memakan lahan yang besar dan cenderung kurang fungsional. Rumah dengan konsep small house bisa menjadi alternatif bijak ketika ingin mulai membangun hunian impian anda.

  • Jangan menggunakan desain yang rumit

Hindarilah desain rumah yang rumit. Cukup menerapkan bentuk kotak yang sederhana dalam desain akan membuat rumah jauh lebih nyaman dipandang dibandingkan dengan konsep futuristik. Rancangan yang digunakan tidak perlu terlalu variatif, cukup menerapkan konsep minimalis baik di bagian dalam maupun luar rumah untuk menghemat budget.

  • Jangan menggunakan terlalu banyak dinding dalam ruangan

Penggunaan dinding yang berlebihan di suatu ruangan juga mengurangi efisiensi dari fungsi ruang pada hunian. Terapkanlah konsep ruangan dengan sedikit dinding, yang juga akan memudahkan pergerakan kita ketika berada di dalam rumah. Hal ini juga mempermudah anggota keluarga untuk berkumpul di satu ruangan yang sama tanpa terpisah dinding.

  • Memiliki rencana belanja yang strategis

Untuk melengkapi desain interior ruangan, maka beberapa perabotan perlu dibeli. Rencana belanja yang matang sangat diperlukan agar terhindar dari resiko berbelanja perabotan yang pada dasarnya tidak diperlukan. Sebelum mulai berbelanja, sebaiknya tinjau dahulu apa yang dibutuhkan oleh hunian anda. Hindari mendesain suatu ruangan dengan perabotan berlebihan agar fungsi dari ruangan tersebut tetap terjaga. Misalnya ruang makan tidak perlu dilengkapi perabotan berlebihan seperti TV, karpet, atau lainnya. Cukup letakkan meja makan serta kursi di tengah ruangan, serta tambahkan beberapa produk yang memang relevan dengan konsep ruang makan seperti dispenser, kulkas, rak peralatan makan, dan barang lain dengan funsi yang sama.