Skip to main content

Kolaborasi Rumah Modern dengan Interior Klasik Khas Adat Jawa

Kolaborasi Rumah Modern dengan Interior Klasik Khas Adat Jawa

Rumah merupakan tempat beristirahat setelah seharian melakukan aktivitas yang padat diluar ruangan. Tentunya kita ingin beristirahat dalam suasana yang tenang dan nyaman setelah lelah menghadapi hiruk pikuk pekerjaan. Rumah yang ideal sebaiknya rumah yang bisa membuat kita merefleksikan diri untuk menemukan ketenangan.

Rumah modern memang menjadi primadona saat ini. Di era yang serba maju, banyak masyarakat yang memilih merancang rumahnya dengan tema modern agar lebih simple. Namun masih banyak juga orang yang mencintai gaya desain klasik untuk huniannya. Sementara konsep klasik yang kental dengan ukiran-ukiran sangat kental dengan rumah adat tradisional yang ada di Jawa. Pertanyaan yang mucul kemudian adalah mungkinkah menggabungkan kedua konsep yang sangat berbeda ini menjadi satu ide hunian?

Jawabannya tentu saja iya. Saat ini, banyak sekali hunian yang telah menggabungkan dua konsep, yaitu modern dan klasik secara berdampingan. Bahkan konsep ini tidak hanya di adaptasi oleh bangunan rumah tinggal saja, melainkan merambah ke bangunan hotel, guest house, dan tempat-tempat lainnya.

Pertanyaan selanjutnya, bagaimana sebenarnya teknik menggabungkan dua konsep berbeda kedalam satu hunian? Bukankah dua konsep desain ini sangat berbeda satu sama lain? Nah, berikut adalah beberapa tips menggabungkan dua konsep berbeda, yaitu desain modern dan klasik menjadi satu hunian yang serasi.

  • Ruang Tamu ( Guest Room )

Ruang tamu merupakan bagian yang pertama kali akan kita lihat ketika memasuki rumah. Untuk menggabungkan dua konsep ini, bisa dengan menggunakan perabotan yang memiliki aksen klasik, seperti meja kayu, kursi dengan warna alam, atau lanta dengan material kayu. Sementara untuk dekorasi dindingnya bisa dengan menonjolkan kesan modern dengan warna-warna monokrom sebagai dekorasinya. Bisa juga dengan menambahkan perabotan lain yang memiliki kesan modern sebagai pendamping perabotan lainnya seperti permainan domino qiu qiu.

  • Ruang Keluarga ( Family Room )

Pada bagian ruang keluarga, kedua konsep desain ruang ini dapat dipadukan secara berdampingan pula. Kita bisa menerapkan konsep yang hampir sama dengan ruang tamu, yaitu menggunakan perabotan dengan gaya klasik dan desain dinding yang menonjolkan sisi modern untuk menyaksikan film layar kaca21.

  • Dapur ( Kitchen )

Untuk dapur, desain yang ditekankan lebih cocok menggunakan konsep modern. Hal ini bertujuan memberikan efisiensi ruang pada dapur, sehingga tidak meninggalkan kesan terlalu penuh pada dapur.

  • Kamar Tidur ( Bedroom )

Rumah Modern khas Adat Jawa

Untuk kamar tidur, disarankan menggunakan konsep modern sepenuhnya. Gaya modern yang tidak terlalu banyak ornamen dan memiliki kesan sederhana akan memberikan kenyamanan serta membawa efek tenang ketika ingin beritirahat didalam kamar.

  • Kamar Mandi ( Bathroom )

Untuk kamar mandi, konsep modern juga ditawarkan sebagai alternatif pilihan desain. Hal ini bertujuan untuk memberikan efisiensi ruang pada kamar mandi, dan juga memudahkan si pemilik hunian dalam menikmati waktu relaksasinya ketika berada di kamar mandi. Untuk perabotannya, bisa menggunakan shower, bath tub, serta wastafel yang berwarna monokrom dan menghias dinding kamar mandi dengan batuan alam untuk menambah efek menenangkan pada kamar mandi.