Skip to main content

Mengenal Lebih Dalam Gaya Arsitektur Kontemporer

Mengenal Lebih Dalam Gaya Arsitektur Kontemporer

Asingkah kalian dengan gaya arsitektur kontemporer? Gaya arsitektur ini merupakan gabungan dari gaya arsitektur yang telah ada sepanjang abad 21 yang terus mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Walaupun gaya arsitektur kontemporer ini terdiri dari gabungan gaya-gaya arsitektur lainnya, namun dalam gaya arsitektur ini tidak terlihat secara dominan gaya arsitektur tertentu.

Gaya ini memang bukanlah gaya yang terpopuler di kalangan masyarakat. Namun gaya arsitektur ini sangat cocok untuk orang-orang yang berjiwa dinamis dan ingin keluar dari zona nyaman dalam hal desain. Gaya arsitektur kontemporer ini cenderung disamakan dengan gaya arsitektur modern.

Sebenarnya bagaimanakah desain kontemporer ini? Apakah perbedaan gaya kontemporer dengan gaya modern yang tengah berkembang? Untuk gaya arsitektur kontemporer dapat dipahami sebagai desain yang dibuat pada saat ini. Gaya ini cenderung mudah beradaptasi ( dinamis ) sesuai dengan perkembangan arsitektur. Gaya arsitektur kontemporer terdiri dari gabungan gaya-gaya arsitektur lain tanpa menonjolkan salah satu elemen gabungan tersebut.

Sementara gaya arsitektur modern diartikan sebagai gaya yang cenderung konstan atau tetap. Gaya ini mulai berkembang pada masa sebelum industrial, yang merupakan bentuk perkembangan dari gaya arsitektur yang tradisional. Kedua gaya arsitektur tersebut kerap dikaitkan, karena orang-orang menilai beberapa elemen desainnya terlihat sama. Hal ini lazim terjadi, karena desain kontemporer memang merupakan bagian dari perkembangan desain modern.

Desain kontemporer memiliki beberapa ciri, yaitubentuk atap yang lebih dieksplorasi. Arsitek-arsitek saat ini memang sudah jarang mengeksplor bagian atap dan lebih fokus kepada bagian lain dari bangunan. Desain kontemporer berani menampilkan desain atap yang memiliki lengkungan dan bentuk dinamis lainnya.

Gaya Arsitektur Kontemporer

Desain kontemporer menampilkan cahaya yang alami sebagai daya tariknya. Penggunaan lampu ruangan yang berlebihan tidak menjadi inti dari desain kontemporer. Bangunan dengan desain kontemporer biasanya dilengkapi dengan kaca-kaca, skylight, sebagai sumber pencahayaan alaminya. Ruang yang ada dalam desain arsitektur kontemporer ini cenderung terbuka dan menyatu.

Keunggulan lain dari bangunan dangan desain arsitektur kontemporer ini yatu keselarasan yang tercipta antara bangunan dengan lingkungan luar. Selain memanfaatkan material yang berasal dari lokal serta bentuk rancangan landscape, memberikan visual yang lebih menarik serta lebih fungsional.

Gaya arsitektur ini sudah diterapkan dibeberapa bangunan ternama di dunia, misalnya The Capital Gate Tower in Abu Dhabi yang terdiri dari 35 lantai dan mempunyai layout berbeda di tiap lantainya ini merupakan karya salah satu firma Arsitektur skotlandia yaitu RMJM. Ada juga The Sydney Opera House di Australia karya Jorn Utzon ini juga merupakan salah satu contoh desain dengan gaya kontemporer. Selain itu The Long House Great Britain karya Hopkins Architects juga merupakan contoh nyata dari bangunan kontemporer.

Bagaimana menurut anda? Tertarikah anda untuk mencoba konsep gaya kontemporer ini pada hunian pribadi anda? Dinamis dan unik merupakan kata yang tepat untuk menggambarkan konsep gaya arsitektur kontemporer ini. Tentu sangat menarik dan bisa menjadi salah satu alternatif pilihan desain rumah impian masa depan anda nanti.