Skip to main content

Mengupas Lebih Dalam Mengenai Karya Seni Desain Arsitektur

karya seni desain arsitektur

Jika mendengar kata desain arsitektur, apakah yang terlintas dalam benak Anda? Sebuah kegiatan yang membutuhkan banyak alat tulis berwarna warni, tumpukan kertas, jam tidur yang kurang, namun dapat menghasilkan sebuah karya yang mengagumkan?

Ya, desain arsitektur merupakan sebuah karya seni yang dihasilkan dari gabungan antara imajinasi dan ilmu pengetahuan yang dimiliki oleh sang desaigner yang nantinya akan dilukis atau digambarkan pada suatu bidang media dan menghasilkan sebuah karya seni yang disebut juga dengan karya seni terapan. Desain arsitektur sesungguhnya merupakan karya seni turunan dari cakupan yang lebih luas.

Jangkauan desain arsitektur biasanya dibagi menjadi dua skala. Yakni desain arsitektur dengan skala mikro dan desain arsitektur dalam skala makro. Seperti namanya, desain arsitektur dalam skala mikro merupakan desain arsitektur dalam skala kecil, misalnya saja desain rumah, desain perabot, hingga desain bangunan. Sebaliknya, desain arsitektur dalam skala makro merupakan desain arsitektur dalam skala yang lebih luas. Misalnya saja desain untuk sebuah pembangunan wilayah dan kota.

Melakukan kegiatan desain terhadap suatu hal bukanlah suatu kegiatan yang sembarang untuk dilakukan. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika Anda ingin mendesain suatu hal. Seperti yang dikatakan oleh arsitek terkenal yang bernama Vitruvius, seni arsitektur tersusun atas tiga unsur yang harus dipenuhi dengan sebaik-baiknya agar menghasilkan sebuah karya seni yang mengagumkan. Unsur yang pertama adalah keindahan. Unsur keindahan ini memiliki nama lain yakni venustas. Keindahan merupakah first impression dalam suatu desain.

karya desain arsitektur

Seseorang akan tertarik untuk melihat, menilai, ataupun berlama-lama mengagumi suatu karya seni desain terkadang ditentukan oleh keindahan yang pertama kali ditonjolkan dan ditangkap oleh para penikmatnya. Jika suatu karya seni tidak memiliki suatu keindahan yang utuh, orang-orang akan cenderung mengabaikan karya seni tersebut. Itulah mengapa keindahan menjadi fisrt impression terhadap suatu karya seni desain. Lalu yang kedua adalah kekuatan atau yang dikenal juga dengan sebutan firmitas. Kekuatan sebenarnya lebih dipertimbangkan kepada karya desain yang telah diterapkan pada suatu bentuk tiga dimensi yang nyata.

Kekuatan menjadi tolak ukur usia suatu karya seni desain arsitektur yang diterapkan dalam sebuah bangunan. Lalu yang terakhir adalah kegunaan. Nama lain kegunaan ini adalah utilitas. Suatu karya seni, akan menjadi sebuah karya seni yang lebih utuh adalah jika ia dapat digunakan untuk membantu kegiatan sehari-hari seseorang. Dengan dapat dimanfaatkannya suatu karya seni, membuktikan bahwa karya seni tidak hanya dapat dinikmati oleh indera penglihatan saja, namun juga dapat digunakan dalam bentuk nyata. Ketiga unsur ini dinyatakan oleh Vitruvius dalam buku yang ia tulis sendiri dan diberi judul De Architectura.

Selain tiga unsur yang harus diperhatikan dalam sebuah desain arsitektur adalah prinsip-prinsip yang harus dipegang teguh. Prinsip-prinsip tersebut diantaranya adalah keseimbangan atau balance, urutan, skala, dan yang lainnya. Prinsip keseimbangan atau yang dikenal juga dengan sebutan balance dalam bahasa Inggris, merupakan sebuah prinsip dasar dalam dunia desain arsitektur. Keseimbangan merupakan hal yang harus dicapai dalam pembuatan sebuah bangunan. Keseimbangan ini juga nantinya akan menjadi hal yang memengaruhi unsur kekuatan suatu desain arsitektur.

Bayangkan saja, bagaimana sebuah bangunan bisa kuat untuk bertahan atau tegak berdiri jika tidak memiliki keseimbangan? Lalu yang kedua adalah urutan. Prinsip urutan akan menghasilkan sebuah rasa nyaman terhadap penikmatnya. Perasaan tersebut lebih kuat jika dirasakan dibandingkan hanya dilihat semata. Lalu prinsip yang terakhir adalah prinsip skala. Skala yang dimaksud disini bukanlah skala yang berhubungan dengan ukuran. Namun, skala yang dimaksud disini adalah hubungan antara sebuah desain bangunan dengan hal-hal yang ada disekitarnya.

Baca : Mengenal Desain Rumah Adat Toraja !