Skip to main content

Tiga Bentuk Nyata Desain Arsitektur Kelas Dunia

Tiga Bentuk Nyata Desain Arsitektur Kelas Dunia

Apakah yang dimaksud dengan desain? Sebenarnya, desain memiliki banyak arti dan makna yang berbeda-beda. Hal ini tergantung dari cara pandang orang masing-masing. Namun, pada umumnya, sebagian besar orang mendefinisikan desain sebagai suatu karya seni terapan yang pada proses pembuatannya menggunakan daya imajinasi kreatif yang tinggi lalu dipadukan dengan ilmu pengetahuan yang luas. Selain sebagai karya seni terapan, ada juga orang-orang yang mendefinisikan desain sebagai suatu jenis karya arsitektur.

Desain arsitektur ini merupakan suatu karya seni yang jika diaplikasikan akan memiliki nilai utilitas atau nilai kegunaan yang sangat tinggi. Misalnya saja desain arsitektur pada sebuah bangunan. Ya, hasil akhir suatu desain arsitektur akan diterapkan pada sebuah bangunan nyata. Namun, seseorang tidak boleh sembarangan dalam menciptakan suatu karya desain arsitektur. Hal ini dikarenakan orang-orang tersebut haruslah mematuhui dan mempertimbangkan tiga unsur utama dalam dunia arsitektur. Unsur-unsur utama tersebut adalah keindahan, kekuatan, dan fungsi.

Ide yang kreatif, daya imajinasi yang luas, dan sikap patuh terhadap unsur-unsur desain arsitektur akan mengantarkan seseorang kepada suatu hasil karya yang sangat mengagumkan dan memuaskan. Hal tersebut sudah terbukti dalam dunia arsitektur saat ini. Para arsitek-arsitek berlomba-lomba untuk menuangkan ide kratif dan daya imajinasi mereka dalam bentuk suatu karya desain arsitektur.

Lalu, untuk mewujudkan desain-desain mereka menjadi sebuah benda yang nyata, mereka akan dibantu oleh orang-orang yang ahli dalam bidangnya. Hal tersebut dibuktikan dengan mewahnya dan elegannya desain dari arsitekk-arsitek kita masa kini untuk sebuah barang-barang yang diprediksi akan menjadi tren pada masa yang akan datang. Berikut merupakan beberapa desain unik dari para arsitek masa kini:

  1. Apartemen Origami

Apartemen Origami

Jika balik ke zaman taman kanak-kanan, Anda akan mendapati bahwa origami merupakan sejenis kertas berukuran kecil yang cara pemakaiannya adalah dengan dilipat-lipat yang nantinya akan menghasilkan sebuah karya kertas lipat yang indah. Namun, origami yang dimaksud disini bukanlah yang seperti itu. Origami merupakan suatu desain arsitektur yang di rancang oleh seseorang yang bernama Meydan dan dibuat oleh orang yang bernama Kann Finch. Desain origami ini diterapkan pada sebuah apartemen mahal yang berada dinegara Dubai.

  1. The Rotating Tower

The Rotating Tower

Dubai merupakan sebuah negara yang terletak di tanah Arab dan memiliki sebuah kecanggihan yang nyata. Ya, Dubai memang sering dianggap dan dipandang oleh kebanyakan orang sebagai sebuah negara yang memiliki benda-benda dengan kecanggihan yang tinggi. Namun, tak lupa juga desain arsitektur yang digunakan oleh bangunan-bangunan yang canggih juga diperhitungkan.

Selain Apartemen Origami, Dubai juga memiliki sebuah bangunan sangat canggih yang bernama The Rotating Tower. Sesuai dengan namanya, Tower yang digunakan sebagai kantor ini dapat berputar setiap beberapa waktu sekali. Penemuan ini merupakan hal yang menyita banyak perhatian karena merupakan hal yang sangat unik dan tentu saja menggunakan imajinasi, ide kratif, dan kecanggihan yang tidak diragukan lagi.

  1. Bangunan Songjiang

Bangunan Songjiang

Songjiang merupakan sebuah bangunan hotel yang sangat unik. Hotel ini terletak ditengah-tengah cerukan danau yang didesain sedemikian rupa hingga menghasilkan sebuah bangunan hotel yang unik dan menarik. Hal yang menarik lainnya dari hotel ini adalah kolam renangnya yang begitu cantik dan memikat dengan air yang berwarna biru jernih dipadukan dengan warna hijau yang alamiah. Sungguh merukapan perpaduan yang sempurna.

Ketiga bangunan diatas merupakan bukti nyata dari sebuah karya desain arsitektur yang sangat mengagumkan didunia ini. Akan tetapi, sesungguhnya, masih banyak lagi desain-desain arsitektur yang menggabungkan sisi seni, kreatif, kecanggihan, hingga imajinasi untuk menghasilkan sebuah bangunan yang akan menimbulkan decakan kagum bagi orang-orang yang melihatnya.