Skip to main content

Tips Membangun Hunian di Lahan Sempit

tips membangun hunian di lahan sempit

Lahan sempit sering kali menjadi kendala bagi sebagian orang dalam membuat hunian impian. Ada banyak cara lahan sempit yang anda miliki dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya guna mendapatkan hunian yang terasa lebih lapang dari kenyataannya. Tentu cara-cara yang dimaksud berkaitan erat dengan desain yang digunakan, perabot atau furniture yang dipilih, ragam ruang yang hendak dimiliki serta hal-hal lainnya yang mempengaruhi suatu bentuk bangunan. Tetapi secara umum untuk hunian sederhana dengan standar bangunan yang ada, sebuah lahan sempit dapat disulap menjadi hunian indah dan nyaman untuk ditinggali oleh anda bersama keluarga kecil anda.

Beberapa tips di bawah ini dapat anda terapkan pada lahan sempit anda guna membangun sebuah hunian yang proporsional. Tips yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  • Gunakan desain minimalis

Desain minimalis tentu saja menjadi pilihan utama ketika anda hanya memiliki lahan sempit untuk membangun hunian anda. Karena desain minimalis tidak memerlukan lahan yang luas, bahkan cenderung bisa menyesuaikan keadaan lahan yang tersedia. Dengan menggunakan desain minimalis maka anda harus buang jauh-jauh bayangan anda terhadap hunian yang mewah dan megah karena konsep dari desain minimalis adalah kesederhanaan. Oleh sebab itu kebanyakan desain minimalis tidak membutuhkan biaya pembangunan yang sangat besar.

  • Gunakan perabot atau furniture yang kecil multi fungsi

Untuk mengisi hunian anda yang menggunakan desain minimalis tentu anda tidak bisa menggunakan perabot atau furniture yang berukuran besar karena selain tidak cocok dengan rumah anda yang berukuran kecil, ruang yang tersedia pun tidak akan cukup menampung perabot-perabot besar itu. Selain menggunakan perabot atau furniture yang berukuran kecil ada baiknya anda juga mempertimbangkan untuk menggunakan perabot yang multi fungsi. Contohnya adalah lemari televisi maupun lemari pajangan yang sekaligus dapat dijadikan juga sebagai partisi ruangan yang memisahkan ruang keluarga dengan ruang tamu.

  • Perhitungkan ukuran tiap ruang secara proporsional

Dengan lahan yang sempit tentu saja ukuran hunian anda pun otomatis akan sempit, hal ini tentu berimbas pada ukuran tiap ruang yang juga menjadi sempit. Tetapi tentu saja tidak bisa anda pukul rata semua ruangan berukuran sama karena ukuran yang diperlukan pada ruang tamu dengan ukuran yang diperlukan oleh kamar mandi tentu berbeda. Oleh sebab itu anda harus melakukan perhitungan secara proporsional agar ukuran hunian anda dapat dibagi menjadi beberapa ruangan dengan ukuran masing-masing ruangan yang proporsional sesuai kebutuhan dan fungsinya.

  • Kurangi partisi

Partisi berupa dinding maupun partisi lainnya sebaiknya anda hindari karena partisi dapat membuat ruang di dalam hunian anda menjadi sempit. Cukup memberikan partisi atau batas ruang pada ruangan-ruangan yang dianggap perlu saja seperti kamar tidur dan kamar mandi, sedangkan untuk ruang tamu, ruang keluarga, dapur dan ruang makan tidak perlu dibuat partisi karena dibiarkan menyatu antar ruang-ruang tersebut pun bukan suatu masalah.

  • Gunakan semua lahan yang ada

Tips yang terakhir ini tidak direkomendasikan tetapi dapat mejadi alternatif bagi anda yang masih membutuhkan ruang lebih di hunian anda yang didirikan pada lahan sempit. Dengan menggunakan semua lahan yang ada maka teras depan dan teras belakang biasanya yang dikorbankan sehingga seluruh lahan yang ada anda dirikan bangunan.

Demikian tips-tips yang dapat anda lakukan dalam rangka membangun hunian anda di lahan yang sempit agar lebih optimal. Sekian artikel ini dibuat, semoga dapat bermanfaat bagi anda terutama yang hendak membangun hunian di lahan yang sempit.

Baca juga : Inovasi Karya Arsitektur, Bangunan Tahan Gempa!